_________________________________________________________banyak hal yang tidak penting, tabu, dan layak untuk diperbincangkan



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMPN 12  SURABAYA
TAHUN AJARAN 2012/2013


1.   Topik                            : Syarat dan Alat Perlengkapan Belajar serta Fasilitas Sekolah
2.   Bidang Bimbingan         : Belajar
3.   Tugas Perkembangan    : Kemandirian dalam belajar
4.   Aspek Perkembangan:
1)      Mempelajari syarat, perlengkapan, dan fasilitas belajar di
sekolah
2)      Menerima , perlengkapan, dan fasilitas belajar di sekolah baik kelebihannya maupun kekurangannya
3)      Menampilkan sikap tanggungjawab penuh kesadaran dalam menjaga dan memanfaatkan, perlengkapan, dan fasilitas belajar di sekolah

5.   Jenis Layanan               : Bimbingan klasikal
6.   Fungsi Layanan            : Pemahaman
7.   Sasaran Layanan          : Siswa Kelas VII
8.   Semester/ Waktu          : 1 x 40 menit
9.   Tujuan   :
a.       Siswa dapat memahami syarat dan alat perlengkapan belajar
b.      Siswa dapat memahami fasilitas sekolah dan fungsinya
c.       Siswa mampu memanfaatkan alat perlengkapan belajar dan fasilitas pendidikan secara tepat

10.  Karakter Siswa yang diharapkan :
1.  Disiplin belajar
2.  Menghargai
3. Bertanggungjawab
4. Mandiri



11.  Uraian Kegiatan          :

     1. Pendahuluan (5 menit)
·         Guru BK menyampaikan salam dengan ramah untuk menciptakan suasana siap untuk belajar, melakukan presensi dan memeriksa kebersihan kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
·         Guru BK menyampaikan tujuan, latar belakang, dan memotivasi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa berkaitan dengan topik yang akan dibahas.

              2. Kegiatan Inti (30 menit)
                    
                     Apersepsi:
·            Menghubungkan materi sebelumnya dengan materi/topik yang akan
        dibahas kepada siswa

                     Eksplorasi :
·         Guru BK menugasi siswa secara mandiri untuk menyebutkan alat perlengkapan dalam belajar serta fasilitas yang ada di sekolah
·         Guru BK membimbing siswa untuk secara cermat, mandiri, dan bertanggungjawab dalam memanfaatkan fasilitas belajar serta menjaganya.
·         Siswa mengetahui syarat dan alat perlengkapan dalam belajar serta fasilitas yang ada di sekolah
·         Guru BK menjelaskan dan siswa menyimak penjelasan guru dengan cermat dan rasa ingin tahu yang besar tentang syarat dan alat perlengkapan dalam belajar serta fasilitas yang ada di sekolah
·         Guru BK menugasi siswa untuk secara mandiri dan bertanggungjawab, untuk turut menjaga dan memanfaatkan fasilitas sekolah.

 Elaborasi :
·        Guru BK menugasi siswa secara jujur, mandiri, dan bertanggungjawab untuk menyebutkan berbagai syarat belajar, perlengkapan belajar, dan fasilitas sekolah beserta fungsinya.
·         Guru BK membimbing siswa untuk secara cermat, mandiri, dan bertanggungjawab menjelaskan kembali manfaat sarana dan prasarana belajar untuk menunjang kegiatan belajar siswa di sekolah.


Konfirmasi :
·         Guru BK memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi tersebut.


                  3. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru BK memberikan tugas untuk mengerjakan LKS
·         Guru BK menyampaikan rencana pertemuan yang akan datang dan tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya




              Materi             

”Syarat dan Alat Perlengkapan Belajar serta Fasilitas Sekolah”
     Pendahuluan
                             Syarat dan alat perlengkapan belajar serta fasilitas sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar, dengan syarat dan alat perlengkapan belajar serta fasilitas sekolah yang baik dan pemanfaatan yang baik pula maka akan menunjang kegiatan belajar siswa di sekolah.


”Syarat dan Alat Perlengkapan Belajar”
                  Dengan adanya syarat-syarat dan alat-alat perlengkapan belajar yang memadai, maka seorang siswa bisa belajar dengan baik dan efektif. Syarat-syarat untuk belajar dengan baik adalah keadaan kesehatan fisik, keadaan kesehatan pada umumnya, keadaan pancaindra pada khususnya, serta keadaan sekeliling tempat belajar, dan alat-alat perlengkapan untuk belajar, antara lain buku pelajaran, ruang belajar, dan sebagainya.

Refleksi
Sebutkan syarat dan alat perlengkapan belajar serta fasilitas di Sekolah.


”Fasilitas Sekolah”
             Agar siswa dalam mengikuti KBM dapat berjalan dengan optimal, diperlukan fasilitas pendidikan berupa sarana dan prasarana yang memadai. Dengan berbagai fasilitas belajar yang memadai/cukup tersedia akan mempengaruhi/berpengaruh cukup besar bagi keberhasilan, karena akan dapat meningkatkan motivasi belajar, misalnya:
1. Adanya laboratorium bisa memicu kita untuk membuktikan teori yang telah kita pelajari dengan memperaktikan teori tersebut dan melihat hasilnya.
2. Adanya Perpustakaan akan menambah pengetahuan dan wawasan tentang hal-hal yang mungkin tidak disampaikan di dalam kelas

         “Sebutkan dan jelaskan fungsinya !”
             Siswa diminta untuk menyebutkan fasilitas yang terdapat di sekolah serta fungsi/manfaatnya, siswa menceritakan pengalamannya ketika menggunakan/memanfaatkan fasilitas tersebut, kemudian siswa menyebutkan pula kelebihan dan kekurangan dari fasilitas yang ia sebutkan.


12.  Metode                                    : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas

13.  Alat/Perlengkapan/Media         : White board dan spidol

14.  Tempat Penyelengaraan            : Di kelas VII E - VII I

15.  Penyelenggara Layanan            : Guru BK

16.  Sumber                                    : a. Candra, Retno. 2012. Bimbingan dan Konseling.
                                                                  Jakarta: CV. Adi Perkasa.
                                   
17.  Evaluasi                                   :  1. Pemahaman siswa terhadap materi
2.   Partisipasi siswa dalam mengikuti KBM

18.  Rencana Tindak Lanjut            : Konseling individual

19.  Biaya                                       : Rp 0,-
           






                                                                                              Surabaya, 25 Oktober 2012
Mengetahui,                                                                         
Kepala Sekolah                                                                     Guru BK              




___________                                                                        



0 Responses so far.

Poskan Komentar